Penyebar Ikan Aneh Semoga Dijauhkan dari Hal Buruk

Penyebar Ikan Aneh Semoga Dijauhkan dari Hal Buruk
Foto: Hoaks

jpnn.com, JAKARTA - Siti Aisyah, nama dalam akun Facebook yang menggunakan foto gadis jelita berseragam perawat itu, masih terus menyebar hoaks. Tujuannya adalah mendulang klik, share, dan komentar.

Pesan menggelikan sekaligus menyesatkan yang terbaru adalah posting-an tentang jenis ikan baru yang sebagian tubuhnya berbentuk manusia.

”Yang membagikan dan komen Amin, semoga dijauhkan dari hal-hal buruk. Aamiin,” tulis akun tersebut tanpa banyak ba-bi-bu.

Dalam posting-an statusnya, Siti Aisyah juga mengunggah satu video dan satu gambar makhluk hidup mirip ikan, tapi bagian tengahnya berbentuk manusia.

Makhluk tersebut diletakkan di atas balok kayu. Gambar itulah yang dianggap sebagai temuan ikan jenis baru berbentuk manusia. Posting-an tersebut sudah tersebar lebih dari 6.000 kali.

Berdasar penelusuran Jawa Pos, gambar yang diunggah bukanlah ikan sebagaimana ditulis Siti Aisyah. Gambar itu merupakan karya seni pahat seorang pematung di Yangon, Myanmar.

Kayu dipahat hingga membentuk manusia dengan separo tubuh bersisik seperti ikan dan separonya berkulit layaknya manusia.

Karya tersebut sering dipamerkan dan dikagumi banyak penggemar seni.

Pesan hoaks soal ikan jenis baru ini menggelikan sekaligus menyesatkan. Semoga Siti mendapat hidayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News