Penyebaran Berita Hoaks Meningkat, Pemerintah Menggencarkan Literasi Digital 

Penyebaran Berita Hoaks Meningkat, Pemerintah Menggencarkan Literasi Digital 
Menangkal penyebaran berita hoaks, Kemenkominfo dan MAFINDO gencar mengampanyekan literasi digital. Foto dokumentasi Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Munculnya informasi menyesatkan atau hoaks dan perilaku negatif di media sosial salah satunya dipicu kurangnya literasi digital.

Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan upaya peningkatan pemahaman masyarakat agar terhindar dari hoaks sangat penting.

"Karena itu, peningkatan penggunaan teknologi ini turut diimbangi dengan kapasitas literasi digital yang mumpuni agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan produktif, bijak, dan tepat guna," kata Samuel dalam keterangannya, Sabtu (23/7).

Hasil dari survei yang dilakukan oleh Kominfo dan Katadata Insight Center terkait berita bohong atau hoaks menunjukkan bahwa masih terdapat masyarakat yang menyebarkan hoaks.

Sekitar 11,9 persen responden mengakui telah menyebarkan hoaks pada 2021. Persentase tersebut naik 11,2 persen dari tahun 2020. 

Kondisi itu mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) menyelenggarakan pelatihan literasi digital kelas kebal hoaks bagi masyarakat.

Seperti pada pelaksanaan kelas literasi digital di Kendari, Sulawesi Tenggara, yang diikuti sejumlah komunitas hingga perguruan tinggi di daerah itu.

Kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat tentang definisi hoaks, kategorisasi serta perangkat sederhana yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi fakta terhadap sebuah informasi.

Menangkal penyebaran berita hoaks, Kemenkominfo dan MAFINDO gencar mengampanyekan literasi digital

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News