Penyerapan Bidik Misi Jauh dari Kuota

Penyerapan Bidik Misi Jauh dari Kuota
Penyerapan Bidik Misi Jauh dari Kuota
JAKARTA - Program beasiswa bagi mahasiswa miskin berprestasi (Bidik Misi) belum terserap sesuai dengan kuota. Dari kuota 40 ribu mahasiswa, yang mendapatkan beasiswa baru 15.300 mahasiswa. Minimnya serapan bidik misi salah satunya karena sosialisasi yang tidak maksimal.

"Sosialisasi masih kurang. Sepertinya informasi tentang beasiswa ini belum diterima dengan baik oleh masyarakat, khususnya yang berada di daerah pelosok," ungkap Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Illah Sailah, Rabu (30/5).

Illah menuturkan, hanya 75 ribu calon mahasiswa yang mendaftar program bidik misi. Nah, dari jumlah tersebut, hanya 15.300 calon mahasiswa yang dinyatakan lolos. Mereka dinyatakan lulus berdasarkan penilaian prestasi akademik.

   

Meski begitu, jumlah calon yang lolos tersebut bisa berkurang saat verifikasi. Pihak Perguruan Tinggi akan kembali mengecek beberapa hal terkait persyaratan bidik misi. "Calon mahasiswa akan diperiksa sejauh mana dia miskin. Misalnya, dilihat dari rekening listrik," kata Illah.

   

JAKARTA - Program beasiswa bagi mahasiswa miskin berprestasi (Bidik Misi) belum terserap sesuai dengan kuota. Dari kuota 40 ribu mahasiswa, yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News