Penyerbuan Markas GMBI Juga Terjadi di Dua Daerah Ini

Penyerbuan Markas GMBI Juga Terjadi di Dua Daerah Ini
Ilustrasi massa mengamuk. Foto: dok jpnn

jpnn.com - jpnn.com - Pengerusakan markas ormas GMBI tak hanya terjadi di wilayah Ciampea, Kabupaten Bogor. Insiden yang sama terjadi di dua wilayah lain di Jawa Barat, Kamis (12/1).

"Aksi perusakan dan pembakaran terhadap Markas GMBI terjadi di Bogor, Tasikmalaya dan Ciamis. Ini tak bisa ditolerir dan akan kita proses," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Polisi Yusri Yunus, Jumat (13/1).

Menurut Yusri, Sekretariat GMBI Distrik Ciamis dilempari batu dan kayu sehingga kaca jendela rusak (pecah) dan papan nama sekretariat rusak.

Satu unit sepeda motor yg terparkir di halaman sekretariat juga ikut menjadi sasaran yg mengakibatkan sepada motor tersebut rusak.

Pada saat kejadian, kata Yusri, di lokasi sedang kosong sehingga tidak terjadi bentrok fisik. Para pelaku, imbuhnya, melarikan diri dan lolos dari kejaran patroli petugas Kepolisian yang datang ke lokasi.

Dugaan sementara pelaku pengerusakan adalah anggota Front Pembela Islam. Pasalnya, kedua ormas sempat terlibat bentrokan di Bandung pada siang harinya.

"Kelompok yang melakukan perusakan, kata Yusri, diduga oleh massa Front Pembela Islam (FPI) yang dipicu adanya isu penghadangan usai aksi di Bandung, Kamis (12/1). Isunya ada masyarakat FPI dihadang, dipukuli oleh GMBI, padahal tidak ada," katanya.

Terkait apa saja kerusakan kantor GMBI, kata Yusri, masih dicari datanya, sementara yang di Bogor adalah pembakaran dan sudah diamankan terduga pelakunya.

 Pengerusakan markas ormas GMBI tak hanya terjadi di wilayah Ciampea, Kabupaten Bogor. Insiden yang sama terjadi di dua wilayah lain di Jawa

Sumber RMOLJabar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News