People Movement: Bubarkan ADB!

People Movement: Bubarkan ADB!
People Movement: Bubarkan ADB!
NUSA DUA- Asian People's Movement Against Asian Development Bank (ADB) menyatakan, selama 40 tahun ADB telah cukup banyak memanipulasi masyarakat Asia. Mereka mendesak pembubaran ADB.

Teguh Surya, dari Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), kepada JPNN, menegaskan selama berdirinya ADB, sudah banyak proyek-proyek yang dibiayainya, berdampak pada kerusakan lingkungan yang cukup serius. Peminjaman dana, kata Teguh, sebagai bentuk penjajahan, karena sumber daya alam yang tereksploitasi, dan utang menjadi beban masyarakat.

“Contohnya seluas 1,3 juta hektar lahan mangrove musnah, karena proyek ADB untuk perluasan lahan tambak. Tak hanya itu, di Papua Barat, proyek LNG Tangguh juga menyebabkan kerusakan lingkungan,” ungkapnya.

Pertambangan tersebut, kata Teguh, ternyata membawa dampak pada terakumulasinya jumlah karbon jutaan ton pertahunnya, “jumlah karbonnya bahkan melebihi Argentina.” Masyarakat Asia harus mencermati kenyataan tersebut. Diperlukan pula kemauan politik pemimpin-pemimpin Negara Asia, untuk tidak bergantung kepada ADB dalam pembiayaan pembangunan.

NUSA DUA- Asian People's Movement Against Asian Development Bank (ADB) menyatakan, selama 40 tahun ADB telah cukup banyak memanipulasi masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News