Peran Anggota DPR

Peran Anggota DPR
Peran Anggota DPR

Peran Anggota DPRPARA pemilih di Indonesia umumnya tidak mengenal calon legislatif pada  pemilu legislatif mendatang. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, mereka bahkan tidak memahami apa tugas para kandidat ini jika mereka terpilih nanti.

Dua hal ini merupakan masalah fundamental mengapa kampanye tidak begitu semarak dalam pemilu legislatif kali ini.

Bagi banyak kalangan, transisi Indonesia menuju demokrasi dianggap tidak memberikan pengaruh yang begitu positif.

Yang ada justru  beberapa isu kompleks yang sering kali di alami masyarakat-- misalnya terkait dengan isu kenaikan harga bawang, masalah dalam pembuatan KTP, kemudian masalah pendaftaran sekolah bagi calon siswa baru--yang menjadi problem konstan dan menjadi kegelisahan di masyarakat.

Hanya saja tingkat pemahaman masyarakat masih sangat kurang dalam memahami apa itu calon legislatif. Misalnya, Shodiq, seorang petani asal Nganjuk ini mengatakan: “Yang saya ketahui tentang anggota DPR adalah mereka harus menghadiri banyak  rapat.”

Sama halnya dengan Robert, pria yang bekerja di sebuah perusahaan keuangan Surabaya menyatakan, “Selain melekukan rapat-rapat, wakil DPR juga sering melakukan studi banding baik di dalam atau pun keluar negeri yang ujung ujungnya menggunakan uang rakyat.”

Disaat yang bersamaan, pria bernama Hisbullah, yang berprofesi sebagai guru di Probolinggo ini mengetahui setidaknya beberapa tugas penting dari wakil rakyat, dia meyakini, "Peran dari anggota DPR ialah untuk menyusun undang-undang. Dimana  undang-undang  tersebut harus sesuai dengan kepentingan rakyat"​

Untuk semua biaya yang dihabiskan dalam mempromosikan beberapa partai politik atau berkampanye, ini sangat mengejutkan saya. Seharusnya dana tersebut dialokasikan untuk menjelaskan UUD atau konstitusi. Hal ini karena Dewan Perwakilan Rakyat sangat berarti dalam menentukan nasib rakyat.

PARA pemilih di Indonesia umumnya tidak mengenal calon legislatif pada  pemilu legislatif mendatang. Dan yang lebih memprihatinkan lagi, mereka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News