Peran Besar Jokowi Membuat Kombatan PDIP Dukung Prabowo Subianto

Peran Besar Jokowi Membuat Kombatan PDIP Dukung Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) berjabat tangan dengan Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko (kanan) seusai menggelar pertemuan di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (18/7/2023). Prabowo Subianto menerima kunjungan Budiman Sudjatmiko dalam rangka silaturahmi dan diskusi kebangsaan. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Senior Citra Institute Efriza mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memiliki peran besar dalam mempengaruhi dua kombatan partai PDI Perjuangan untuk mendukung Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko, nampak memberikan dukungan kepada Prabowo ditengarai terpengaruh sikap Jokowi yang memberikan respons positif terhadap pencapresan Prabowo saat ini,” kata Efriza kepada wartawan, Jumat.

Efriza melanjutkan alasan kuat Presiden Jokowi mendukung Prabowo ternyata turut serta diikuti oleh kader PDIP yang lain, yaitu Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko.

Kedua kombatan partai PDI Perjuangan itu memang menunjukkan keraguan terhadap kualitas capres yang diusung partainya yakni Ganjar Pranowo.

“Apa yang terjadi dengan perubahan sikap mereka, diyakini karena keraguan secara pribadi, mereka merasa Ganjar kurang dapat diandalkan ke depannya dalam memimpin negeri ini,” ungkap Efriza.

Presiden Jokowi belakangan ini seperti mengisyaratkan mendukung Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Hal itu terlihat di beberapa kesempatan kala Presiden Jokowi selalu mengundang Prabowo untuk sekadar makan siang dan berdiskusi santai di Istana Bogor.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga seringkali mengutarakan jika Presiden Indonesia berikutnya haruslah sosok yang berani dan bernyali.

Peran dari Presiden Joko Widodo disebut membuat para kader PDIP beralih mendukung Prabowo Subianto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News