Peran Kartini Masa Kini di Tengah Pandemi Kian Besar

Rabu, 21 April 2021 – 01:34 WIB
Peran Kartini Masa Kini di Tengah Pandemi Kian Besar - JPNN.com
Grant Thornton. Foto: Grant Thornton

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi virus corona (covid-19) membuat peran para Kartini masa kini makin besar.

Menurut laporan tahunan Grant Thornton berjudul Women in Business 2021 yang dipublikasikan beberapa waktu lalu, jumlah wanita yang memegang posisi manajemen senior di perusahaan secara global naik ke angka 31 persen.

Hal itu cukup menggembirakan karena sebelumnya angkanya hanya 29 persen selama dua tahun berturut-turut.

Hasil survei juga menunjukkan jumlah wanita yang menduduki posisi level C-Suite (CEO dan COO) meningkat di angka 26 persen dibanding tahun lalu yang hanya berada di level 20 persen.

Wanita yang berada di posisi chief finance officer (CFO) juga mengalami peningkatan menjadi 36 persen yang sebelumnya hanya di angka 30 persen secara global..

Di Indonesia, survei menunjukkan peningkatan jumlah wanita yang menduduki jabatan sebagai chief executive officer (CEO) ke angka 25 persen pada 2021.

Tahun lalu angkanya 20 persen. Posisi senior tertinggi dengan populasi wanita terbanyak di Indonesia ialah CFO yang sebanyak 56 persen. Tahun lalu angkanya 48 persen.

CEO/Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johanna Gani mengatakan, peran Kartini modern dalam dunia bisnis saat ini menjadi jauh lebih penting terutama pada masa pandemi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...