Peran Strategis PPL Swadaya di Tanah Bumbu Kalsel

Peran Strategis PPL Swadaya di Tanah Bumbu Kalsel
Pemkab Tanah Bumbu memberikan pelatihan penyuluh lapangan swadaya. Foto: Pemkab Tanah Bumbu

jpnn.com, TANAH BUMBU - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), terus berikhtiar meningkatkan kualitas SDM para petani di daerahnya.

Salah satu cara yang ditempuh adalah lewat program Pelatihan Penyuluh Lapangan (PPL) Swadaya yang notabene bagian dari Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu Fauraji Akbar mengatakan salah satu tantangan yang dihadapi ialah masih kurangnya jumlah penyuluh yang berkompeten dengan persoalan yang dihadapi oleh para petani di daerah irigasi.

Maka dari itu, giat pelatihan PPL Swadaya ini merupakan sarana yang amat strategis.

"Ini merupakan bagian dari penguatan sinergitas antara penyuluh swadaya, pelaku usaha, pelaku utama gapoktan dan poktan dengan penyuluh pertanian pegawai negeri," ujar Fauraji Akbar melalui keterangan tertulisnya, Selasa (12/10).

Dia menjelaskan salah satu output dari pelatihan PPS Swadaya ini terjalinannya kerja sama yang baik, sehingga bisa saling mendukung dan bergerak bersama untuk membantu masyarakat dalam lingkup IPDMP yang lebih maju.

“Kami harap para PPL Swadaya dengan dukungan program seperti IPDMIP ini bisa membantu usaha petani dari binaan di kecamatan masing-masing. Masyarakat petani perlu adanya rangkulan dan pembejalaran, sehingga kegiatan kali ini diperlukan supaya terjadi keselarasan dalam bekerja dan terarah," ujar Akbar.

Akbar memaparkan, pendekatan pembelajaran kepada para Petani lokal perlu digiatkan. Misalnya para pelaku usaha petani dalam wilayah-wilayah IPDMIP masih sering dijumpai menggunakan bibit varitas lokal, hal ini memerlukan pendekatan agar petani bisa beralih ke bibit varitas unggul.

Pemkab Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Kalsel), terus berikhtiar meningkatkan kualitas SDM para petani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News