Minggu, 18 Agustus 2019 – 07:45 WIB

Perang Dagang: Korsel Akhirnya Balas Dendam kepada Jepang

Selasa, 13 Agustus 2019 – 05:43 WIB
Perang Dagang: Korsel Akhirnya Balas Dendam kepada Jepang - JPNN.COM

jpnn.com, SEOUL - Korea Selatan (Korsel) akhirnya balas dendam kepada Jepang dalam perang dagang yang terus memanas antara kedua negara. Negeri Ginseng itu menarik Jepang dari daftar perdagangan jalur cepat.

Pengumuman itu muncul setelah Jepang memberlakukan pembatasan ekspor dan mengeluarkan Korsel dari white list atau daftar putih keistimewaan dagang.

Sebagaimana dilansir DW, Senin (12/8), Kementerian Perdagangan Korsel memastikan per September mendatang akan menghapus Jepang dari negara-negara yang menerima perlakuan istimewa dalam perdagangan.

BACA JUGA: Jepang dan Korsel Perang Dagang, Raksasa Teknologi Kalang Kabut

Hal ini diperkuat oleh Menteri Perindustrian Korsel Sung Yun Mo yang akan memasukkan Jepang ke dalam kategori kelompok perdagangan baru. Kelompok ini berisi negara-negara yang belum menjalankan sistem kontrol ekspor Korsel dan sejalan dengan “prinsip-prinsip kontrol ekspor internasional”.

"Jepang telah diposisikan sebagai negara pertama yang masuk ke grup baru karena praktik dagang yang tidak sesuai," ujar pejabat senior Kementerian Perdagangan Korsel, Park Tae-sung.

Pemerintah Jepang sendiri belum memberikan tanggapan atas keputusan Korsel ini, namun pejabat senior Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan bahwa pihaknya akan menganalisa kebijakan Korsel terlebih dahulu. (rmol/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar