JPNN.com

Perangi Autoimun dengan Menjalani Pola Hidup Sehat

Sabtu, 27 Juli 2019 – 17:43 WIB
Perangi Autoimun dengan Menjalani Pola Hidup Sehat - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tahukah Anda tentang autoimun? Autoimun adalah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Normalnya, sistem kekebalan tubuh menjaga tubuh dari serangan bakteri atau virus.

Namun, pada seseorang yang menderita autoimun, sistem kekebalan tubuhnya melihat sel tubuh yang sehat sebagai organisme asing. Sehingga sistem kekebalan tubuh akan melepaskan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Sayangnya, tidak semua masyarakat menyadari tentang bahayanya autoimun. Karena alasan itu lah, Firda Athira Foundation (FAF) bersama dengan Marisza Cardoba Foundation dan Clerry Cleffy Institut gencar mensosialisasikannya. Salah satunya dengan menggelar talkshow bertema Autoimun Berbagi Bahagia ‘Weekend Market’.

BACA JUGA: Jangan Sampai Terlambat, Deteksi Dini Penyakit Autoimun

Pendiri FAF Firda Athira mengatakan, autoimun bukanlah suatu penyakit. Oleh karena itu, para penyintas autoimun tidak perlu merasa malu ataupun takut. Meski begitu, ada sejumlah cara agar para penyintas autoimun dapat menjalani aktivitasnya dengan baik.

“Pola hidup yang bisa dilakukan bagi para penyintas dan kita semua adalah pola hidup sehat, olahraga, serta pengendalian stres yang baik,” kata Firda di sela talkshow di kawasan Gandaria City, Sabtu (27/7).

BACA JUGA: Ketahui Penyakit Autoimun yang Dialami Ibunda Mikha Tambayong

Firda menjelaskan, bagaimanapun ada keterbatasan yang dialami penyintas autoimun. Untuk itu, FAF berinisiatif memberikan pelatihan untuk mereka.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo