Perangi Hoaks, Youtube di Indonesia Sudah Tersedia Fitur Cek Fakta

Perangi Hoaks, Youtube di Indonesia Sudah Tersedia Fitur Cek Fakta
Ilustrasi YouTube. Foto: Techcrunch

jpnn.com, JAKARTA - Bagian dari memerangi berita bohong, YouTube merilis fitur cek fakta baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Panel informasi cek fakta ini sebelumnya telah tersedia di Brasil, India, Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat.

"Ini adalah sebagai salah satu wujud dari komitmen YouTube untuk meningkatkan pengalaman mendapatkan berita, melawan misinformasi dan disinformasi di platform," kata YouTube Indonesia melalui keterangan resmi, Selasa.

"Panel informasi cek fakta diharapkan dapat memberikan konteks yang mendampingi konten di platform untuk membantu pengguna membuat penilaian yang lebih cerdas," ujarnya menambahkan.

YouTube mencatat makin banyak orang datang ke YouTube untuk mendapatkan berita dan informasi; baik mendapatkan kabar terbaru tentang suatu pemilihan umum, mendapatkan berbagai perspektif tentang suatu topik, atau mengetahui tentang peristiwa breaking news.

Lebih lanjut, waktu menonton konten seputar berita otoritatif meningkat lebih dari 75 persen selama tiga bulan pertama tahun 2020 di seluruh dunia.

"YouTube paham akan pentingnya memberikan informasi terpercaya dari sumber berita otoritatif kepada masyarakat Indonesia."

"Itulah sebabnya selama beberapa tahun belakangan, kami terus bekerja keras untuk meningkatkan pengalaman penonton dalam mendapatkan berita aktual dan dari sumber otoritatif," kata YouTube Indonesia.

Bagian dari memerangi berita bohong, YouTube merilis fitur cek fakta baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News