Perbaiki Sektor Pertanian dan Kelautan, Nunukan Bangun Tekno Park

Perbaiki Sektor Pertanian dan Kelautan, Nunukan Bangun Tekno Park
UNGGULAN - Komoditas rumput laut menjadi salah satu produk unggulan sektor pertanian dan kelautan Kabupaten Nunukan. Foto: IST

jpnn.com - NUNUKAN – Pemkab Nunukan memproyeksikan pembangunan Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi Park (STP) atau Tekno Park khusus di bidang Pertanian, Kelautan dan Perikanan. Rencana pembangunan yang disiapkan untuk tahun 2016 nanti, diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi penurunan kualitas dan daya jual sektor pertanian maupun kelautan di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Pendataan Kerjasama Pembangunan dan Litbang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Nunukan, Hasan Basri menjelaskan, sejauh ini Nunukan belum memiliki pusat penelitian dan pengembangan sumber daya alam, sehingga masih banyak kelemahan dari sisi pemasaran dan peningkatan kualitas.

Menurutnya dengan hadirnya Tekno Park sendiri masyarakat maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait dapat melihat kelemahan maupun kelebihan sejumlah sektor tersebut.

Tambah Hasan, pembangunan Tekno Park sendiri bakal diproyeksikan di dua kecamatan yakni, Kecamatan Nunukan Selatan dan Kecamatan Krayan Selatan. Penempatan dua kecamatan tersebut mengingat kawasan dimaksud menjadi sentral budidaya baik rumput laut maupun beras organik adan khas dataran tinggi warga Lundayeh, Krayan.

“Kalau di Nunukan Selatan kami pilih Kelurahan Mansapa, karena disana kan pusat rumput laut. Kalau di Krayan Selatan kami pilih Desa Long Layu,” ujar Hasan Basri kepada Kaltara Pos (JPNN Grup).

Asas manfaat yang dihasilkan dengan adanya pusat penelitian juga menjadi daya jual dan daya tarik bagi mereka yang akan berinvestasi di Nunukan. Sebab, hasil dari penelitian tersebut nantinya bakal menjadi dasar bagi pengusaha maupun Pemkab Nunukan dalam mempromosikan hasil alam daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia ini.

“Kalau selama ini kan setiap kita ingin promosi, tidak ada dasar yang menyebutkan apa yang menjadi daya tarik maupun seberapa besar kualitas yang kita hasilkan,” jelas Hasan.

Lebih jauh Hasan menjelaskan, pembangunan Tekno Park sendiri kini telah berlangung untuk sektor kelautan dan perikanan yang rencananya sudah dapat dimanfaatkan pada akhir 2015 mendatang.

NUNUKAN – Pemkab Nunukan memproyeksikan pembangunan Pusat Pengembangan Sains dan Teknologi Park (STP) atau Tekno Park khusus di bidang Pertanian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News