Perbankan Minta Darmin Longgarkan BMPK

Perbankan Minta Darmin Longgarkan BMPK
Perbankan Minta Darmin Longgarkan BMPK
JAKARTA — Terpilihnya Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia disambut baik kalangan Perbankan. Selain ucapan selamat, banyak harapan dari kalangan Perbankan terhadap Bank Indonesia dibawah kepemimpinan mantan Direktur Jenderal Pajak ini.

Direktur Utama Bank Mandiri, Zulkifli Zaini berharap dengan terpilihnya Darmin, BI dapat melonggarkan Batas Maksimum Pemberian Kredit (BMPK) Bank Mandiri. "Kami menyambut baik (Darmin jadi Gubernur BI) dan mohon dukungan. Terutama untuk kelonggaran BMPK kepada debitur-debitur utama kita seperti Pertamina, PLN yang saat ini masih dibatasi 30 persen daripada modal Bank Mandiri. Padahal mereka membutuhkan kredit modal yang lebih besar,’’ kata Zulkifli pada wartawan, Senin (26/7).

Bila BMPK bisa dilonggarkan, terutama untuk sektor industri strategis, Zulkifli yakin hal itu akan berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kalangan perbankan juga berharap BI di bawah kepemimpinan Darmin dapat mendukung keinginan perbankan nasional untuk dapat membuka cabang-cabang di luar negeri.

"Kami sangat berharap bisa mendukung fungsi intermediasi serta mendukung kita membuka cabang-cabang di luar negeri dan memberi kemudahan untuk membuka outlet didalam negeri seperti halnya Bank asing di Indonesia," ucapnya.

JAKARTA — Terpilihnya Darmin Nasution sebagai Gubernur Bank Indonesia disambut baik kalangan Perbankan. Selain ucapan selamat, banyak harapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News