Perbatasan Kyrgystan-Tajikistan Mencekam, Satu Tewas

Perbatasan Kyrgystan-Tajikistan Mencekam, Satu Tewas
Tentara Kyrgystan patroli di perbatasan. Foto: Eurasianet/David Trilling

jpnn.com, DUSHANBE - Sengketa perbatasan antara dua negara pecahan Uni Soviet, Kyrgystan dan Tajikistan, memanas. Kontak senjata terjadi di perbatasan antara Bishkek dan Dushande, Senin (16/9).

Dalam sebuah pernyataan seperti dikutip Reuters, baik pihak keamanan Kyrgystan maupun Tajikistan menyatakan bahwa tembak-menembak yang terjadi pada Senin pagi dipicu oleh pembangunan ilegal di

Reuters memberitakan, insiden dipicu pembangunan ilegal di Desa Ovchi-Kalacha, Tajikistan yang berbatasan dengan wilayah barat Batken di Kyrgystan.

Akibat insiden tersebut, seorang pekerja Kyrgystan tewas, sementara 13 orang di kedua belah pihak mengalami luka-luka.

Pejabat senior di kedua belah pihak, termasuk Perdana Menteri Kyrgystan Mukhammedkalyi Abylgaziev, mendatangi lokasi bentrok untuk memantau langsung keadaan, Selasa (17/9).

Kyrgystan dan Tajikistan, selama tiga dekade terakhir bertikai mengenai tapal perbatasan di Lembah Ferghana. Wilayah tersebut merupakan rumah bagi beragam etnis.

Sebelumnya pada pada Maret lalu, dua orang tewas akibat insiden tembak-menembak yang terjadi di lokasi lain daerah perbatasan kedua negara. (ant/dil/jpnn)

 

Sengketa perbatasan antara dua negara pecahan Uni Soviet, Kyrgystan dan Tajikistan, memanas. Kontak senjata terjadi di perbatasan antara Bishkek dan Dushande, Senin (16/9).


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News