Percaya atau Tidak, Sukses Asian Games Masuk Agenda Nawacita

Percaya atau Tidak, Sukses Asian Games Masuk Agenda Nawacita
Opening ceremony Asian Games 2018 spektakuler, Sabtu (18/8), Presiden Joko Widodo menaiki sepeda motor sport saat memasuki stadion Gelora Bung Karno (foto tengah). Foto: Chandra Satwika /Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Asian Games XVIII memang telah berlalu. Namun, geregetnya masih terasa.

Kesuksesan Indonesia sebagai penyelenggara pesta olahraga negara-negara se-Asia itu masih jadi omongan. Terlebih, Indonesia mampu meraih 31 medali emas sehingga bisa masuk empat besar.

Dalam pandangan Sekretaris Dewan Eksekutif Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKP Berdikari) Osmar Tanjung, kesuksesan Asian Games XVIII mengundang decak kagum dunia. Menurutnya, keberhasilan kontingen Indonesia sehingga meraih posisi keempat perolehan medali di bawah Tiongkok, Jepang dan Korea tak terlepas dari visi Nawa Cita yang diusung pemerintahan Joko Widodo - Jusuf Kalla.

“Percaya atau tidak, keberhasilan Asian Games telah masuk dalam agenda kedelapan Nawa Cita, yakni revolusi karakter bangsa melalui program mendukung kegiatan budaya dan olahraga Indonesia di kancah internasional,” ujar Osmar melalui pesan WhatsApp, Rabu (19/9).

Percaya atau Tidak, Sukses Asian Games Masuk Agenda Nawacita

Lebih lanjut salah satu tokoh relawan pendukung Jokowi itu membeber hasil survei PKP Berdikari untuk mengukur persepsi masyarakat tentang Nawacita. Merujuk survei yang dilakukan PKP Berdikari terhadap 593 responden selama periode Juli hingga September 2018 di 131 kabupaten/kota, program indikatif “mendukung kegiatan budaya dan olah raga Indonesia di kancah internasional” meraih skor tertinggi atau 78,9 persen.

Padahal, kata Osmar, survei sudah dilakukan sebelum Asian Games ke-18 berlangsung. Namun, katanya, seolah ada optimisme responden tentang kesuksesan Indonesia dalam Asian Games 2018.

“Bagaimana mungkin para responden telah bisa memprediksikan sesuatu yang belum tejadi sebagai keberhasilan poin kedelapan Nawacita? Apakah ini kebetulan atau petunjuk dari Illahi? Wallahualam,” tuturnya.

Pusat Kajian Pengembangan Berdikari (PKP Berdikari) menilai keberhasilan Indonesia dalam Asian Games 2018 merupakan bukti realisasi Nawacita.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News