Percepat Ekspansi Usaha, Kimia Farma Terbitkan MTN Tahap II

Percepat Ekspansi Usaha, Kimia Farma Terbitkan MTN Tahap II
Kimia Farma. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - PT Kimia Farma Persero Tbk, menerbitkan surat utang jangka menengah atau medium term note (MTN) tahap II sebesar Rp 600 miliar.

Direktur Utama Kimia Farma, Honesti Basyir mengatakan dengan menuntaskan penerbitan MTN ini, Kimia Farma berkomitmen untuk menyelenggarakan akselerasi bisnis dalam mencapai tiga besar industri farmasi nasional pada 2019.

Adapun perjanjian penerbitan dan penunjukkan agen pemantau MTN Tahap II ditandatangani oleh Direktur Keuangan Kimia Farma, I.G.N. Suharta Wijaya yang disaksikan oleh Honesti.

Sedangkan, pihak arranger yang terlibat adalah PT BNI Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, PT Indo Premier Securities, dan PT BNI Tbk sebagai agen pemantau.

"MTN Tahap II senilai Rp 600 miliar ini akan digunakan untuk membiayai ekspansi bisnis (Capital Expenditure atau CAPEX dan Operating Expenditure atau OPEX) melalui investasi beberapa proyek lain dari Kimia Farma," ujar Honesti di Jakarta, Senin (12/3).

Jangka waktu untuk MTN Tahap II ini adalah tiga tahun dengan final coupon 7,75 persen. Kupon dengan rate tersebut sesuai dengan rating AA- (double A minus) yang diperoleh Kimia Farma dari PT Pemeringkat Efek Indonesia.

“Penerbitan MTN ini menguntungkan dan memberi sumber pendanaan yang lebih cepat dibanding bentuk pinjaman lain. Dana hasil penerbitan MTN akan memperkuat kapasitas pembiayaan karena Kimia Farma sedang melakukan ekspansi bisnis di tahun ini,” jelas Honesti.

Sebelumnya, pada 13 September 2017, Kimia Farma telah menerbitkan MTN Tahap I sebesar Rp 400 miliar untuk pendanaan ekspansi usaha dan refinancing beberapa utang yang tingkat bunga/kupon relatif lebih tinggi.(chi/jpnn)


MTN Tahap II senilai Rp 600 miliar ini akan digunakan untuk membiayai ekspansi bisnis beberapa proyek Kimia Farma.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News