Percepat Pembentukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia

Percepat Pembentukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia
Percepat Pembentukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia
PERCEPATAN pembentukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) makin urgen. Apalagi, dalam situasi perekonomian global yang tidak kondusif, kinerja ekspor nasional bisa terkoreksi.

Ketua Panja RUU LPEI Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya kini sedang mengebut pembahasan RUU (rancangan undang-undang) LPEI. "Diharapkan tuntas semuanya Desember nanti," ujar Hasto. Sehingga, operasionalisasinya bisa segera dilakukan pada awal warsa depan.

Menurut dia, keberadaan LEPI sudah sangat mendesak. Bahkan, bisa dibilang terlambat. Sebab, krisis finansial sudah di depan mata. "Dulu, ketika krisis belum sampai pada puncaknya, mestinya LPEI sudah terbentuk sehingga bisa melakukan antisipasi-antisipasi terkait pelambatan ekonomi dunia yang bisa mengganggu kinerja ekspor," jelasnya.

Saat ini, terbentuknya LPEI bisa memberi kontribusi bagi para eksportir nasional agar kinerjanya tidak melambat, yang bisa bermuara mengoreksi pertumbuhan ekonomi. Dalam praktiknya nanti, LPEI bisa semakin melengkapi gerak Bank Ekspor Indonesia (BEI). Di sejumlah negara, keberadaan lembaga ini dikenal sebagai export credit agency (ECA).

PERCEPATAN pembentukan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) makin urgen. Apalagi, dalam situasi perekonomian global yang tidak kondusif, kinerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News