Perebutan Gelar Juara Liga 1 2018: Persija Jakarta atau PSM?

Perebutan Gelar Juara Liga 1 2018: Persija Jakarta atau PSM?
Klasemen sementara Liga I 2018. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Tim yang akan menjadi juara Liga 1 2018 tak akan jauh dari dua tim yakni PSM Makassar dan Persija Jakarta. Pasalnya, dengan hanya dua laga tersisa bagi tim-tim papan atas, tak mungkin lagi capaian kedua tim ini disalip oleh klub-klub di peringkat tiga sampai lima besar.

Melihat klasemen (lihat gambar, red), PSM yang sudah mengantongi 57 poin, tak mungkin dikejar oleh Persib Bandung yang memiliki 50 poin, yang kini di peringkat ketiga.

Perebutan Gelar Juara Liga 1 2018: Persija Jakarta atau PSM?

Ibarat sebuah balapan, tinggal PSM dan Persija saja yang saling bersaing menuju singgasana juara Liga 1 2018. Dengan keunggulan satu poin, Tim Juku Eja memang lebih diunggulkan dari Macan Kemayoran yang mengoleksi 56 angka. Apabila bisa menyapu kemenangan di dua laga terakhir, maka PSM bakal keluar sebagai juara.

Sebaliknya, bagi Persija, mereka harus berfokus untuk tak kehilangan satu poin pun. Harapan tim Macan Kemayoran saat ini, hanyalah bagaimana caranya PSM bisa tergelincir. Tapi, peluang Persija menjadi juara adalah 60 persen banding 40 persen, atau unggul dari PSM.

Ini berdasarkan hotung-hitungan setelah lawan yang dihadapi oleh PSM di sisa laga. Skuat polesan Robert Rene Alberts itu bakal menghadapi Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, alias laga tandang dan PSMS Medan di Makassar.

Tentu, bukan pekerjaan yang mudah bagi PSM menghadapi Bhayangkara FC pekan depan karena tim milik korps kepolisian itu juga memiliki ambisi menggusur Persib Bandung dan masuk ke dalam zona klub Piala AFC 2019. Hasil imbang, adalah prediksi yang sangat mungkin dihasilkan pada pertandingan ini.

Sementara itu, saat menghadapi PSMS Medan yang sudah hampir pasti degradasi, akan menjadi pekerjaan yang mudah untuk PSM. Maksimal, empat poin bisa dikumpulkan oleh skuat Juku Eja di sisa laga. Artinya poin maksimal PSM adalah 61.

Tim yang akan menjadi juara Liga 1 2018 tak akan jauh dari dua tim yakni PSM Makassar dan Persija Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News