Perekonomian di Padang Tumbuh Positif, Kemenperin Tingkatkan SDM Industri Kompeten

Perekonomian di Padang Tumbuh Positif, Kemenperin Tingkatkan SDM Industri Kompeten
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasmita. Foto: Humas

jpnn.com, PADANG - Perekonomian di Sumatera Barat Triwulan IV 2022 menunjukkan hasil positif.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sumatera Barat, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) provinsi tersebut atas dasar harga berlaku mencapai Rp 285,38 triliun dan PDRB perkapita mencapai Rp 50,59 juta atau USD3.571,02.

Ekonomi Sumatera Barat pada 2022 tumbuh sebesar 4,36 persen, lebih tinggi dibanding 2021 yang tumbuh sebesar 3,29 persen.

Sebagai ibukota Sumatera Barat, Padang smengalami pertumbuhan ekonomi yang mencapai 3,14 persen pada 2022, berdasarkan data Pemerintah Kota Padang.

Pertumbuhan ekonomi tersebut tidak terlepas dari peran SDM yang kompeten.

Kementerian Perindustrian turut memasok SDM unggul melalui pendirian SMK vokasi, politeknik, dan Balai Diklat Industri di kota Padang.

"Kami akan membangun pendidikan vokasi yang menjadi best practice kemitraan yang link and match antara dunia pendidikan dan dunia industri," ujar Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

Satuan kerja di Padang yang berada di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin di antaranya SMK-SMAK Padang yang fokus untuk mencetak SDM andal di bidang kimia serta SMK-SMTI Padang memiliki konsentrasi di bidang kimia industri dan teknik otomasi industri.

Satuan kerja Kemenperin memiliki peran sebagai pusat penyedia tenaga kerja industri yang kompeten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News