Perempuan Bercadar Penodong Paspampres Anggota HTI, BNPT Sebut Ada Trend Baru

Perempuan Bercadar Penodong Paspampres Anggota HTI, BNPT Sebut Ada Trend Baru
Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol Ahmad Nurwakhid. Foto: Dok. BNPT

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk menghimpun data terkait adanya keterkaitan dengan jaringan terorisme.

Hal itu dilakukan menyusul insiden penodongan senjata terhadap Paspampres oleh perempuan bercadar di depan Istana Merdeka pada Selasa (25/10) pagi.

Ditektur Pencegahan Pencegahan BNPT R Ahmad Nurwakhid mengatakan penelusuran sementara yang dilakukan bahwa perempuan bernama Siti Elina itu merupakan anggota Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI yang telah dibubarkan pemerintah. 

Siti disebut kerap mengunggah propaganda khilafah melalui akun pribadinya di media sosial.

“Pendalaman terhadap profil dan motif pelaku terus dilakukan untuk mendapatkan informasi yang akurat adanya keterkaitan dengan aktor-aktor yang lain,” kata Nurwakhid dalam keterangannya, Rabu (26/10).

Nurwakhid menyebut insiden teror yang melibatkan perempuan di Indonesia bukan peristiwa baru.

Pasalnya, kata dia, peristiwa itu mengingatkan pada ancaman bom di Istana Negara yang digagalkan oleh aparat penegak hukum, 2016.

Sosok itu ialah Dian Yuli Novi, aalah satu calon pengantin yang ingin melakukan aksi di Istana.

BNPT menyebut perempuan bercadar yang hendak merobos Istana Negara pada Selasa kemarin merupakan anggota Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News