Perempuan Ini Andria Zafirakou, Guru Terhebat Sejagat

Perempuan Ini Andria Zafirakou, Guru Terhebat Sejagat
Andira Zafirakou, pemenang penghargaan guru terbaik sejagat, di antara murid-muridnya. Foto: Daily Mail

jpnn.com - Andria Zafirakou dinobatkan sebagai guru terhebat sejagat. Guru di Alperton Community School di Brent, London, Inggris, itu memenangi kompetisi Global Teacher Prize 2018 yang diadakan Varkey Foundation.

Dia telah mengalahkan lebih dari 30 ribu guru dari 173 negara. Penghargaan diberikan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu (18/3).

’’Saya sangat terkejut,’’ ujar guru yang mengampu mata pelajaran tekstil dan seni itu sebagaimana dilansir The Guardian.

Tempatnya mengajar merupakan salah satu area termiskin di Inggris. Siswanya berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Banyak di antara mereka yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris. Ada 130 bahasa yang biasa dipakai di Brent.

Agar bisa terhubung dengan para siswanya, Zafirakou belajar frasa dasar bahasa Gujarati, Hindi, Tamil, dan yang lainnya. Dia juga berkunjung ke rumah para siswa.

Di situ dia mendapati kenyataan bahwa banyak anak didiknya yang tinggal di rumah yang penuh sesak. Satu rumah dihuni beberapa keluarga. Sebagian siswa kadang harus mengerjakan PR di kamar mandi, tempat satu-satunya yang tenang.

Zafirakou lantas memberikan jam tambahan ketika siang dan akhir pekan agar siswa bisa mengerjakan tugas di sekolah.

Bersama guru-guru lainnya, dia juga membuat pelajaran olahraga khusus untuk para siswi dari kalangan konservatif. Zafirakou menjadikan sekolah sebagai tempat berlindung bagi para siswanya.

Andria Zafirakou dinobatkan sebagai guru terhebat sejagat. Guru di Alperton Community School di Brent, London, Inggris, itu jadi pemenang Global Teacher Prize

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News