Perempuan Memiliki Peranan Besar di Era Digital

Perempuan Memiliki Peranan Besar di Era Digital
Webinar dengan tema Potensi dan Peran Perempuan di Era Digital, yang diselenggarakan ISED dalam rangka Hari Kartini, Kamis (22/4). Foto: ISED

jpnn.com, JAKARTA - Perempuan memiliki potensi dalam memajukan bangsa Indonesia. Namun ketimpangan antara laki-laki dan kaum hawa masih sangat besar.

“Padahal potensi perempuan di era digital sangat besar. Perempuan sudah tidak takut dengan perkembangan digital. Peranan perempuan Indonesia dalam perkembangan transformasi luar biasa. Buktinya, ada founder start up dari kalangan perempuan,” kata Founder Institute of Social Economic Digital (ISED) Sri Adiningsih dalam webinar dengan tema Potensi dan Peran Perempuan di Era Digital, yang diselenggarakan ISED dalam rangka Hari Kartini, Kamis (22/4).

Menurut Sri, perempuan Indonesia maju dan berkembang luar biasa berkat perjuangan Kartini.

Katanya, perempuan Indonesia hadir dan eksis di semua aspek kehidupan sejak kemerdekaan, juga dalam era digital.

Bagi Sri, peran perempuan Indonesia dalam pembangunan bangsa tidak diragukan lagi hingga sekarang. Era digital, lanjutnya, tidak membuat perempuan Indonesia surut dalam membangun bangsa dan negara.

Dikatakannya, perempuan Indonesia berada di barisan depan dalam pembangunan bangsa di era digital meski tekanan pandemi mesti dihadapi.

“Potensi dan peran perempuan di era digital tetap penting dan strategis dalam kemajuan bangsa. Perempuan Indonesia siap dalam transformasi digital di Indonesia. Terbukti banyak tokoh perempuan yang menjadi founder startups teknologi, bos dan founder e-commerce, founder dan aktif dalam pelatihan teknologi digital dan banyak lagi lainnya yang sukses di era digital,” ungkap dia.

Dalam perjalanannya memang peranan perempuan memiliki tantangan yang berat. Mulai dari adanya ketimpangan dalam kualitas SDM, digital literasi dan pemanfaatan digitalisasi antargender dan daerah. Namun perempuan memiliki potensi dan peranan strategis di era digital perlu.

Perempuan Indonesia berada di barisan depan dalam pembangunan bangsa di era digital meski tekanan pandemi mesti dihadapi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News