Peresmian Patung Bung Karno di Kemenhan, Begini Pidato Prabowo di Depan Megawati

Minggu, 06 Juni 2021 – 13:00 WIB
Peresmian Patung Bung Karno di Kemenhan, Begini Pidato Prabowo di Depan Megawati - JPNN.com
Menhan Prabowo Subianto bersama Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri saat peresmian patung Bung Karno menunggang kuda di Kantor Kemenhan, Jakarta, Minggu (6/6). Foto: dokumentasi DPP PDI Perjuangan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengikuti acara peresmian patung Presiden Pertama RI Soekarno atau Bung Karno di Lapangan Bela Negara, kantor Kemenhan, Jakarta, Minggu (6/6).

Patung itu diresmikan oleh Presiden Kelima RI sekaligus putri Bung Karno, Megawati Soekarnoputri.

Prabowo tampak mengenakan setelan kemeja dan celana krem di acara tersebut. Eks Danjen Kopassus itu melengkapi penampilannya dengan peci hitam.

Sementara Megawati memakai gaun batik saat menghadiri peresmian patung Bung Karno menunggang kuda itu.

Prabowo dalam sambutannya mengatakan patung Bung Karno yang diresmikan itu merekam kejadian ketika Proklamator RI itu menjadi inspektur upacara pada Hari Angkatan Perang pertama Indonesia 5 Oktober 1946.

"Waktu itu sebagai inspektur upacara, sebagaimana tradisi waktu itu, para pemimpin tentara meminta kesediaan beliau (Bung Karno, red) untuk menjadi inspektur upacara di atas kuda," kata Prabowo.

Menurut ketum Partai Gerindra itu, Bung Karno pada dasarnya jarang menunggangi kuda. Namun, pria kelahiran 6 Juni 1901 itu sadar perannya sebagai Panglima Tertinggi di Indonesia.

Bung Karno, kata Prabowo, merasa perlu menunggangi kuda saat memimpin upacara militer.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...