Pergantian Tahun Diwarnai Petir dan Angin

Pergantian Tahun Diwarnai Petir dan Angin
Pergantian Tahun Diwarnai Petir dan Angin
JAKARTA-Ini info yang patut diperhatikan bagi mereka yang merayakan tahun baru. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi malam ini Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, ringan. Guyuran hujan diprediksi terjadi pada sore atau malam. Petir dan angin berpotensi menyertai hujan pada malam pergantian tahun.

Kepala Bidang Informasi BMKG Harry Tirto Djatmiko menjelaskan, selama sepekan ke depan Jakarta memang berpotensi diguyur hujan. ’’Beberapa daerah lain di luar pulau Jawa juga berpotensi diguyur hujan. Intensitasnya beragam, ada yang ringan, sedang dan lebat,’’ katanya.

Guyuran hujan dengan intenstas ringan sedang dipegaruhi oleh pembentukan awan di sepanjang Samudra Hindia di bagian selatan Jawa Barat hingga Laut Banda. Pembentukan awan tersebut dipengaruhi oleh pertemuan badai tropis Grant yang bertiup dari bagian utara Australia dengan daerah tekanan rendah Samudra Hindia bagian barat daya Bengkulu. Pergerakan badai yang bertemu dengan daerah tekanan rendah mengakibatkan potensi guyuran hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk Jakarta.

Pada hujan ringan, intensitas guyuran berkisar pada kisaran 0,1-5,0 milimeter per jam atau 5-20 milimeter per hari. Sedangkan hujan sedang intensitasnya berkisar pada 5,0-10,0 milimeter per jam atau 20-50 milimeter per hari. Tiupan angin biasanya berkecepatan di atas 40 kilometer per jam. Tiupan angin kencang wajib diwaspadai mengingat berpotensi menyebabkan pohon tumbang dan reklame rubuh di Jakarta.

JAKARTA-Ini info yang patut diperhatikan bagi mereka yang merayakan tahun baru. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi malam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News