Perguruan Tinggi Optimistis Bisa Jalankan Program Kampus Merdeka

Perguruan Tinggi Optimistis Bisa Jalankan Program Kampus Merdeka
Mendikbud Nadiem Makarim (kanan) di acara pencanangan Program Kampus Merdeka, Jumat (24/1). Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Empat program Kampus Merdeka yang diluncurkan Mendikbud Nadiem Makarim pada Jumat, 24 Januari mendapatkan sambutan positif dari para rektor. Rektor Universitas Halu Oleo, Muhammad Zamrun, optimistis bisa menjalankan kebijakan tersebut.

Dengan kebijakan baru Kampus Merdeka ini, maka perguruan tinggi diberi keleluasaan untuk bekerja sama dengan NGO (Non Government Organization) dan perusahaan.

"Dalam waktu dekat kami akan menyusun program kerja. Melalui kerja sama dengan pihak ketiga, universitas lebih mudah membuka prodi baru,” tutur Zamrun di Kantor Kemendikbud, Jumat (24/1).

Senada itu, Dekan Seni Rupa Intitut Kesenian Jakarta (IKJ) Indah Tjahtjawulan menyatakan antusiasmenya. Kampusnya akan lebih mudah membuka prodi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Selama ini pembukaan prodi baru memakan waktu dalam aspek administratif seperti pengumpulan dokumen. Padahal pembukaan prodi baru di universitas kami sifatnya juga mendesak menyesuaikan dengan kebutuhan industri,” ungkap Indah.

Indah mengakui adanya tantangan yang cukup besar dalam menjalin kemitraan tersebut. Membuat kesepakatan yang tepat dan cocok dalam jangka panjang dengan pihak ketiga adalah tugas yang harus segera diselesaikan.

Dalam peluncuran empat program Kampus Merdeka, Mendikbud Nadiem menjelaskan, kerja sama perguruan tinggi dengan organisasi harus mencakup penyusunan kurikulum, praktik kerja, dan penyerapan lapangan kerja. Kementerian akan bekerja sama dengan perguruan tinggi dan mitra prodi untuk melakukan pengawasan.

"Jika bisa dibuktikan ada kerja sama yang nyata dan riil antara kedua belah pihak, prodi baru tersebut otomatis akan mendapatkan akreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT)," terangnya.

Berita Kemendikbud: Kalangan perguruan tinggi antusias menyambut program Kampus Merdeka yang digulirkan Mendikbud Nadiem Makarim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News