Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Tomat untuk Mengatasi Jerawat

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menggunakan Tomat untuk Mengatasi Jerawat
Jerawat. Foto Familinia

jpnn.com - Salah satu bahan alami yang dianggap dapat menangani jerawat adalah tomat. Buah ini mengandung vitamin dan zat lainnya yang bisa mengatasi jerawat.

Ada beberapa manfaat tomat yang bisa didapat untuk mengatasi jerawat dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Menggunakan Tomat untuk Mengatasi Jerawat

Jika Anda tertarik untuk mengobati jerawat dengan tomat, terdapat beberapa kondisi yang perlu diperhatikan untuk menghindari jerawat makin memburuk, seperti:

  1. Hindari paparan sinar matahari langsung pada kulit setelah pakai tomat. Buah merah ini memang bisa melindungi terhadap buruknya sinar matahari, tapi tomat bukanlah tabir surya. 
  2. Jangan mengoleskan obat apa pun pada kulit yang mengalami jerawat dalam waktu satu jam setelah menggunakan tomat.
  3. Jangan memakai produk skin care yang efeknya bisa mengelupas kulit saat menggunakan tomat untuk mengatasi jerawat. Kandungan skin care yang harus dihindari misalnya seperti asam salisilat, sulfur, atau benzoil peroksida.
  4. Hindari produk perawatan kulit yang memiliki efek abrasif atau mengeringkan kulit jika sedang menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat.
  5. Tomat dapat menjadi pilihan yang alami serta efektif untuk mengatasi jerawat. Namun, perhatikan pemakaiannya dengan baik dan benar karena dapat menimbulkan efek samping atau malah memperburuk kondisi kulit Anda. 

Untuk mengurangi efek samping dan mendapatkan manfaat terbaiknya, lebih baik buah ini dimakan atau ditambahkan ke dalam asupan makanan sehari-hari daripada digunakan secara langsung ke wajah.

Untuk mengetahui harus seberapa banyak makan tomat dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi jerawat, lebih baik konsultasi ke dokter.(OVI/RH/klikdokter)

Untuk mengurangi efek samping dan mendapatkan manfaat terbaik tomat untuk wajah, silakan membaca artikel berikut.


Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News