Perihal Banjir Jakarta Belum Surut, Wagub Riza Merespons, Simak

Perihal Banjir Jakarta Belum Surut, Wagub Riza Merespons, Simak
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta pada hari ini masih belum surut lebih dari 6 jam. Kondisi ini tak sesuai target Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam akun instagram resminya @aniesbaswedan, Anies memastikan semua usaha pemompaan air dikerjakan agar banjir bisa surut dalam waktu maksimal enam jam setelah hujan berhenti.

Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengatakan, melesetnya target penanganan banjir yang harus surut enam jam setelah hujan reda disebabkan oleh kondisi dataran yang lebih rendah dari permukaan laut.

"Mungkin ada beberapa titik yang memang datarannya sangat rendah. Ada beberapa titik yang datarannya jauh di bawah permukaan laut. Itu memang pengecualian yang seperti itu," ucap Riza di Balai Kota DKI, Rabu (19/1).

Meski demikian, Mantan Anggota DPR RI ini mengeklaim secara umum banjir dan genangan yang terjadi di dataran normal bisa dipastikan surut kurang dari waktu 6 jam. 

Apalagi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya peningkatan curah hujan di bulan Januari dan Februari 2022.

"Memang ini ada peningkatan intensitas hujan di Januari ke Februari ini dibandingkan Desember. Untuk itu, kami minta masyarakat lebih hati-hati,” kata dia.

Diketahui, berdasarkan catatan terakhir BPBD DKI Jakarta, banjir masih menggenang di 77 RT. Terdapat 1.194 warga terdampak banjir mengungsi di 16 lokasi seperti musala, RPTRA, kantor sekretariat RW, hingga rumah susun. (mcr4/jpnn)

Banjir yang menggenangi sejumlah wilayah di Jakarta hingga hari ini belum surut padahal sudah lebih dari 6 jam. Kondisi ini tak sesuai target Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


Redaktur : Friederich
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News