Anies Klaim Sigap Tangani Banjir di Jakarta

Anies Klaim Sigap Tangani Banjir di Jakarta
Sahul (32) saat mengangkat motor miliknya yang terendam banjir setelah sebuah SUV nekat menerobos genangan air di Jalan Pulomas Selatan, Pulogadung, Jakarta Timur, Selasa (18/1) Foto: Kenny Kurnia Putra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeklaim pihaknya bisa dengan cepat mengatasi banjir akibat hujan deras yang melanda wilayahnya.

Hal ini diutarakan Anies Baswedan dalam unggahan di akun instagram resminya @aniesbaswedan. Anies juga turut mengunggah sejumlah foto yang memperlihatkan para petugas menyurutkan air.

“Jakarta dilanda hujan ekstrem tetapi bisa ditangani cepat. Kenapa? Atas izin Allah, Kerja sistematis dan kerja cepat itu membuahkan hasil,” tulis Anies dalam unggahan tersebut.

Menurut Anies, banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota pada Selasa (18/1) adalah akibat hujan dengan intensitas ekstrem yang terjadi.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengungkapkan, curah hujan di Kemayoran tercatat mencapai 204 milimeter, di Teluk Gong 193 mm, di Pulomas 177 mm, dan Kelapa Gading 163 mm. 

“Curah hujan di atas 150 mm adalah kondisi ekstrem. Kapasitas drainase di Jakarta berkisar antara 50-100 mm. Bila terjadi hujan di atas 100 mm per hari, pasti akan terjadi genangan banjir di Jakarta,” kata Anies.

Dia melanjutkan, jika turun hujan ekstrem hingga terjadi banjir, prioritas Pemprov DKI Jakarta adalah memastikan warga aman dan tak ada korban jiwa. 

Kemudian, memastikan semua usaha pemompaan dikerjakan agar banjir bisa surut dalam waktu maksimal enam jam setelah hujan berhenti.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeklaim pihaknya bisa dengan cepat mengatasi banjir akibat hujan deras yang melanda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News