Perilaku Hakim Dominasi Aduan Masyarakat ke KY

Perilaku Hakim Dominasi Aduan Masyarakat ke KY
Perilaku Hakim Dominasi Aduan Masyarakat ke KY
JAKARTA - Komisioner Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki mengungkap dalam satu minggu setidaknya KY menerima lima sampai enam surat pengaduan dari masyarakat mengenai prilaku hakim dalam memproses berbagai perkara.

"Dari rata-rata pengaduan masyarakat itu, sekitar 80 persen mengadukan putusan hakim yang menurut pihak pengadu bertentangan dengan prinsip-prinsip keadilan," kata Suparman Marzuki, di hotel Sultan Jakarta, Selasa (10/5).

Sisanya sekitar 20 persen, lanjut Suparman, dilaporkan bahwa ada hakim yang tidur dan sibuk mengirim pesan singkat, menelpon dan ke luar-masuk disaat menyidangkan perkara.

Soal putusan perkara, kata Suparman, terkait dengan inkonsistensi dalam memberikan pertimbangan hukum dan menghadirkan para saksi. "Kejanggalan yang dilaporkan antara lain mengenai saksi yang namanya tidak ada dalam BAP lalu dalam tingkat kasasi muncul saksi siluman," tegasnya.

JAKARTA - Komisioner Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki mengungkap dalam satu minggu setidaknya KY menerima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News