Peringatan dari Letjen Doni Monardo untuk Daerah yang Belum Terjangkiti Corona

Peringatan dari Letjen Doni Monardo untuk Daerah yang Belum Terjangkiti Corona
Doni Monardo. Foto: Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo mengingatkan kepala daerah yang wilayahnya belum terjangkiri virus corona untuk tetap waspada. Mantan Danjen Kopassus itu meminta para kepala daerah proaktif dalam menyiapkan sarana dan prasarana penanganan virus yang sudah menjadi pandemi global itu.

"Daerah yang merasa belum ada kasus diharapkan tidak tinggal diam, tapi segera susun rencana aksi. Pemerintah pusat dalam hal ini kementerian PUPR akan mendukung penuh kebutuhan di daerah," kata Doni di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu menuturkan, pemerintah pusat siap bekerja sama dengan pemda dalam menyiapkan infrastruktur untuk menangani virus corona. Menurut dia, penanganan virus corona memerlukan partisipasi publik dan harus dilakukan secara kompak.

"Kami butuh seluruh partisipasi publik. Melalui metode operasi kemanusiaan berbasis komunitas diharapkan makin banyak masyarakat yang ikut berperan, apakah peran menyiapkan logistik untuk tenaga kesehatan kami, termasuk memobilisasi tenaga relawan untuk kepentingan medis," kata dia.

Lebih lanjut Doni mengatakan, akhir-akhir ini makin banyak masyarakat yang positif virus corona. Oleh karena itu, katanya, seluruh sumber daya pemerintah pusat dan daerah perlu dikerahkan sepenuhnya.

"Dengan demikian seluruh kepala Gugus Tugas dalam hal ini gubernur, bupati dan wali kota yang mana wakilnya ada unsur-unsur TNI-Polri, maka kini harus bisa melakukan perencanaan dengan baik. Mana RS milik pusat yang ada di daerah, yaitu miliknya TNI-Polri, dan BUMN untuk sesegera mungkin dioptimalisasi," kata dia.(tan/jpnn)

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Letjen Doni Monardo mengingatkan kepala daerah yang wilayahnya belum terjangkiri virus corona untuk tetap waspada.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News