Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan Lebat, Angin Kencang, hingga Banjir Bandang

Jumat, 30 Juli 2021 – 10:22 WIB
Peringatan Dini BMKG: Waspada Hujan Lebat, Angin Kencang, hingga Banjir Bandang
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat hingga banjir bandang. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang hingga banjir bandang di sejumlah wilayah di Indonesia, Jumat (30/7).

Adapun wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan angin kencang adalah di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dalam peringatan dini cuaca periode 29-31 Juli 2021, BMKG menjelaskan daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) terpantau memanjang di Samudera Hindia barat Sumatera Barat dan Sumatera Utara dan di Papua.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi," tulis BMKG.

BMKG memprakirakan Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, dan Papua berpotensi mengalami hujan lebat yang bisa disertai dengan kilat/petir serta angin kencang.

"Wilayah Sumatera Utara, Bengkulu, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku serta Papua Barat juga berpotensi mengalami hujan dengan intensitas yang lebih ringan," kata dia.

Sementara untuk enam wilayah di ibu kota DKI Jakarta pada hari ini diprakirakan pada siang akan cerah, malam mengalami cerah dan cerah berawan serta cerah berawan pada malam hari.

BMKG juga memperingatkan adanya wilayah berpotensi banjir dan bandang akibat hujan lebat di Sumatera Barat, Sulawesi Tengah dan Papua masuk dalam kategori waspada.

SPONSORED CONTENT

loading...