Peringatan Dini BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Ini

Peringatan Dini BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi 4 Meter di Perairan Ini
Ilustrasi gelombang tinggi. ANTARA/Ahmad Fikri

jpnn.com, MANADO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai gelombang tinggi empat meter di perairan utara Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut).

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang hingga tanggal 29 Desember 2022," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Bitung Ricky Daniel Aror di Manado, Selasa (27/12).

Ricky masyarakat mengikuti informasi terkait dengan tinggi gelombang melalui kanal informasi yang disediakan pemda dan BMKG.

Pada umumnya arah angin bertiup dari barat daya – barat laut dengan kecepatan 6 – 20 knot.

Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Selanjutnya, di perairan Kabupaten Kepulauan Talaud, timur Kabupaten Kepulauan Sitaro, timur Bitung-Likupang, serta Laut Maluku.

Masyarakat diminta memperhatikan risiko tinggi gelombang terhadap keselamatan pelayaran, untuk perahu nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter, sementara kapal Feri, kecepatan angin lebih dari 21 Knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

BMKG keluarkan peringatan dini gelombang tinggi 4 meter di perairan Talaud dan sejumlah kawasan ini. Waspadalah!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News