Peringatan Dini Cuaca BMKG, Ini Daftar Daerah yang Wajib Waspada Seminggu ke Depan

Peringatan Dini Cuaca BMKG, Ini Daftar Daerah yang Wajib Waspada Seminggu ke Depan
BMKG menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

Bmkg.go.id menyebutkan ada potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat yang diprakirakan melanda 23 provinsi.

Sebab, terjadi dinamika atmosfer yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sejumlah daerah di Indonesia hingga 3 September 2022.

BMKG menyebut potensi hujan dengan intensitas lebat diprakirakan akan melanda Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung.

"Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," ujar BMKG.

Potensi hujan lebat dengan kategori siaga berpotensi terjadi per 29 Agustus 2022 di antaranya akan terjadi di Bangka Belitung, Bengkulu, Sumatera Barat, Kalimantan Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

BMKG mengimbau pihak-pihak terkait melakukan berbagai upaya persiapan, di antaranya memastikan kapasitas infrastruktur dan sistem tata kelola sumber daya air agar siap mengantisipasi peningkatan curah hujan.

"Para pemerintah daerah diimbau untuk melakukan penataan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan pemotongan lereng atau penebangan pohon yang tidak terkontrol," ungkap BMKG.

BMKG menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan, wilayah ini wajib waspada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News