Peringatan Dini dari BMKG, Daerah Ini Berpotensi Dilanda Cuaca Buruk

Peringatan Dini dari BMKG, Daerah Ini Berpotensi Dilanda Cuaca Buruk
BMKG minta warga waspadai cuaca buruk. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MEULABOH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat yang ada di wilayah pantai barat selatan Aceh untuk mewaspadai cuaca buruk yang berpotensi terjadi hingga Rabu (3/8).

“Dampak dari cuaca ekstrem yang dapat terjadi yaitu adanya bencana hidrometeorologi seperti banjir, pohon tumbang, tanah longsor dan sebagainya,” kata prakirawati Stasiun BMKG Meulaboh-Nagan Raya, Almira dikutip dari Antara, Senin (1/8).

Selain itu, cuaca ekstrem tersebut juga berpotensi mengakibatkan gelombang tinggi di wilayah pantai barat dan selatan Aceh, dengan ketinggian antara dua hingga empat meter.

Berdasarkan pengamatan citra satelit yang diperoleh, bibit Siklon Tropis 95S terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya Lampung dengan pergerakan ke arah barat daya.

Potensi sistem untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam ke depan berada dalam kategori rendah.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin di atas 25 knot (low level jet) di Samudera Hindia barat barat daya, Sumatera-Jawa.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Sulawesi Tengah yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Barat dan di Sulawesi Tengah.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang di Aceh, di Sumatera Utara, dari Riau hingga Selat Malaka, di Kepulauan Riau, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Timur, di Kalimantan Utara, di Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

BMKG mengingatkan kepada masyarakat yang ada di wilayah pantai barat selatan Aceh untuk waspada terhadap cuaca buruk.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News