Peringati Harhubnas, Kemenhub Bicara Soal Kiprah Perempuan di Dunia Kereta Api

Peringati Harhubnas, Kemenhub Bicara Soal Kiprah Perempuan di Dunia Kereta Api
Kementerian Perhubungan memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 dengan menggelar talkshow series. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 dengan menggelar talkshow series.

Kali ini, Talkshow series yang memasuki episode keempat diselenggarakan oleh Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun dengan mengangkat tema 'Perempuan dan Kereta Api' dan dibuka secara daring oleh Ibu Asuh Taruna, Endang Budi Karya Sumadi pada Selasa (14/9)

Episode Talkshow kali ini menghadirkan narasumber perempuan-perempuan hebat di dunia perkeretaapian yakni Ir. Erni Basri, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Barat.

Kemudian, Wiwik Widayanti Direktur Kereta Commuter Indonesia Periode 2018-2021, Murti Marasih Kepala Stasiun Poncol Semarang, Tiara Alincia Fitri Alumni PPI Madiun Angkatan I, dan Efelina Destaria Hutabarat, Alumni PPI Madiun Angkatan I.

Dalam sambutannya Endang mengatakan saat ini perempuan memiliki kesempatan yang sangat luas untuk mengembangkan diri dan bekerja pada bidang pekerjaan yang sebelumnya hanya dikerjakan oleh laki-laki.

“Saya selaku pribadi dan ibu asuh Taruna dan Taruni mengajak seluruh civitas Akademika Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun untuk terus berkarya semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas transportasi di Indonesia dengan kemampuan yang kita miliki," ujar Endang.

Pihaknya juga terus mendorong para Taruni agar terus bersemangat mewujudkan transportasi Indonesia yang maju dan berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pekerjaan tanpa dibatasi stereotip yang kaku tentang peran gender.

“Dalam melaksanakan pekerjaan kita para perempuan dapat menonjolkan sisi unik yang hanya dimiliki oleh kaum perempuan seperti kepekaan, detil dan terencana serta jadikan kelemah lembutan kita sebagai hal yang menguatkan dalam bekerja," imbuh Endang.

Saat ini jumlah Taruni yang sedang dididik di seluruh Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan berjumlah kurang lebih 5.100 orang,