Peringati Hari Bea Cukai, Dirjen Askolani Galakkan Semangat Kolaborasi Membangun Negeri

Peringati Hari Bea Cukai, Dirjen Askolani Galakkan Semangat Kolaborasi Membangun Negeri
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani saat menghadiri apel Hari Bea Cukai, Selasa (4/10). Foto: Dokumentasi Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani menggalakkan semangat 'Kolaborasi Membangun Negeri' pada peringatan Hari Bea Cukai ke-76 tahun yang digelar Selasa (4/10).

Melalui momentum yang menandai 76 tahun perjalanan instansi tersebut menopang perekonomian Indonesia, Bea Cukai menggemakan semangat 'Kolaborasi Membangun Negeri' yang fokus pada sinergi antarunit Kementerian Keuangan dengan semangat Kemenkeu Satu dalam mewujudkan kemajuan di negeri ini.

"Bea Cukai dan unit-unit vertikal Kemenkeu lainnya berkomitmen untuk melangkah menuju tujuan yang sama, menyatukan perbedaan persepsi, memiliki kemauan bersama untuk berproses, saling memberikan manfaat dan kejujuran, yang berbasis pada peningkatan pengawasan dan pelayanan masyarakat sebagai wujud kecintaan terhadap Indonesia," ujar Dirjen Askolani.

"Kami bersatu dalam inklusifitas mewujudkan Kemenkeu Satu yang terpercaya untuk kemajuan Indonesia," imbuhnya.

Askolani menyebutkan di tahun ini terdapat beberapa capaian besar Bea Cukai di bidang pengawasan dan pelayanan kepabeanan dan cukai.

Dalam mengatasi pandemi Covid-19, Bea Cukai telah memberikan fasilitas impor sebesar Rp 1.049 miliar, yang terdiri dari fasilitas impor vaksin sebesar Rp 831 miliar dan fasilitas impor alat kesehatan sebesar Rp 218 miliar.

Kinerja penerimaan Bea Cukai pun mencatatkan hasil positif dengan realisasi penerimaan per 31 Agustus 2022 telah mencapai Rp 206,21 triliun atau sebesar 68,96 persen dari target APBN dan tumbuh signifikan sebesar 30,51 persen dari tahun 2021.

Penerimaan tersebut didorong pertumbuhan bea masuk 32,62 persen, bea keluar 83,43 persen, dan cukai 21,38 persen.

Semangat Kolaborasi Membangun Negeri di Hari Bea Cukai ke-76 menggema, simak arahan Dirjen Askolani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News