Peringati Hari Krida Pertanian, Mentan SYL Panen Padi IP400 di Sukoharjo

Peringati Hari Krida Pertanian, Mentan SYL Panen Padi IP400 di Sukoharjo
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Bupati Etik Suryani melaksanakan panen padi program IP400 di Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (22/6). Foto: Dokumentasi Kementan

jpnn.com, SUKOHARJO - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) melaksanakan panen padi program IP400 dan penanaman kedelai lokal di Desa Tegalsari, Kecamatan Weru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Krida Pertanian, Rabu (22/6).

Mentan SYL berharap momentum itu menjadi titik balik semangat insan tani Indonesia dalam meningkatkan produksi nasional.

"Hari Krida ini harus menambah semangat bahwa kita siap menghadapi semua peluang dan kesempatan yang ada," kata Mentan SYL.

Dia juga berharap peringatan Hari Krida merupakan waktu yang tepat untuk meneguhkan tekad dan kemauan agar pertanian menjadi lebih baik, lebih maju, mandiri, dan lebih modern lagi.

Di sisi lain, mantan Gubernur Sulsel itu mengatakan pola tanam IP400 yang dikerjakan bisa menjadi peluang bagi Indonesia untuk mengakses pasar dunia melalui ekspor.

Contohnya, kata Mentan SYL, saat ini sudah lebih dari 22 negara yang menutup diri dan tidak mau mengekspor produk pangannya.

"Paling penting dari program IP400 ini adalah memindahkan paradigma rakyat menjadi sebuah edukasi bahwa empat kali menanam dalam satu tahun itu hal yang sangat pasti dan harus dimulai dari sekarang," ujar Mentan SYL.

Mentan SYL melaksanakan panen padi dan tanam kedelai di Desa Tegalsari, Sukoharjo yang bertepatan dengan peringatan Hari Krida Pertanian, Rabu (22/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News