Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Gelar Aksi Bersih 135 Pantai di Seluruh Indonesia

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KLHK Gelar Aksi Bersih 135 Pantai di Seluruh Indonesia
Menteri LHK Siti Nurbaya di rangkatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023. Foto: dok KLHK

jpnn.com, BALIKPAPAN - Menteri LHK Siti Nurbaya memimpin kegiatan bersih pantai atau coastal clean up, di kawasan pantai Banua Patra, Balikpapan, Kalimantan Timur, baru-baru ini.

Kegiatan itu merupakan rangkaian agenda peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2023.

"Kegiatan bersih pantai sejalan dengan tagline HLH 2023, yaitu beat plastic pollution. Jadi saatnya kita memerangi polusi sampah plastik," ujar Menteri Siti.

Kegiatan bersih pantai ini dilakukan secara serentak di 135 titik lokasi di 37 provinsi di seluruh Indonesia.

Menteri Siti berkesempatan melakukan dialog secara virtual dengan perwakilan sejumlah daerah di Indonesia yang juga melakukan aksi bersih-bersih pantai.

Sejak 2016, pengelolaan sampah plastik di Indonesia terus dievaluasi seperti apa yang terbaik, dan yang diharapkan masyarakat.

Menteri Siti mengungkapkan hal-hal yang terkait kebijakan lingkungan, itu tumbuhnya berdasarkan koreksi-koreksi dari masyarakat, terutama yang ditulis oleh para jurnalis.

"Terima kasih dan penghargaan yang tinggi, karena sejauh ini justru terkait dengan lingkungan yang paling berhasil memberikan edukasi kepada masyarakat adalah tulisan-tulisan di pers. Kawan-kawan jurnalis bisa menuliskan hal-hal dan bahasa teknis yang sulit di isu lingkungan dengan bahasa yang bisa diterima oleh masyarakat," ujarnya.

Sebelum mengikuti bersih pantai, Menteri Siti Nurbaya melepas 425 peserta Fun Bike Road to Ibu Kota Nusantara (IKN) di Lapangan Merdeka Balikpapan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News