Peringati Hari Pahlawan, Mentan SYL: Pertanian Indonesia Sungguh Hebat

Peringati Hari Pahlawan, Mentan SYL: Pertanian Indonesia Sungguh Hebat
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) berharap agar warga Indonesia bisa meneladani semangat pahlawan dari ancaman krisis pangan global. Foto: dok Kementan

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) berharap agar warga Indonesia bisa meneladani semangat pahlawan dari ancaman krisis pangan global.

Dia mengungkapkan hal tersebut dalam memperingati Hari Pahlawan di Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan) di Jakarta Selatan, Kamis (10/11).

“Siapa pahlawan dalam hidup kita? Sepanjang kau berjuang untuk berjuang negara, bangsa, dan rakyat, kau itu pahlawan. Kalau kau urusi pertanian dengan baik, beri makan 273 juta orang, kau pahlawan,” kata Mentan SYL.

Menurut dia, pertanian merupakan salah satu sektor yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa pandemi dua tahun belakangan ini.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III 2022 tumbuh sebesar 5,72 (y-on-y) persen.

Sektor pertanian menyumbang 12,91 persen (y-on-y) atau tumbuh sebesar 1,65 persen (y-on-y).

Mentan SYL mengatakan prestasi ini harus terus dipertahankan dan dikembangkan untuk mengatasi ancaman krisis pangan global yang diperkirakan akan terjadi akibat perubahan iklim, konflik antar negara, dan efek pandemi Covid-19.

“Di Indonesia tidak boleh terjadi karena kita semua ada untuk menjadi pahlawan bangsa. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa," ujarnya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) berharap agar warga Indonesia bisa meneladani semangat pahlawan dari ancaman krisis pangan global.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News