Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Mahasiswa Universitas Budi Luhur Gelar Aksi Teatrikal

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Mahasiswa Universitas Budi Luhur Gelar Aksi Teatrikal
Mahasiswa Universitas Budi Luhur mementaskan teatrikal menolak peradaban galon sekali pakai di halaman Kampus Universitas Budi Luhur pada Sabtu (20/2). Foto: Dok Pri untuk jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Mahasiswa Universitas Budi Luhur menggelar aksi teatrikal untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021 di halaman kampus pada Sabtu (20/2).

Aksi teatrikal dengan tema Menolak Peradaban Galon Sekali Pakai, itu dilakukan menggunakan replika Tugu Monas dari sampah plastik termasuk botol bekas galon sekali pakai serta dua orang berpakaian pocong.

Menurut salah satu mahasiswa peserta aksi, sampah plastik berbentuk Tugu Monas ini menyimbolkan makin banyaknya sampah plastik yang jika tidak dikelola dengan baik, maka bisa menumpuk hingga setinggi tugu Monas.

Aksi ini juga bertepatan dengan terjadinya genangan banjir di Jabotabek yang salah satunya karena saluran air tersumbat sampah.

Saat ini, di tengah upaya mengurangi sampah plastik, malah banyak produk baru yang menggunakan kemasan plastik sekali pakai, yang bertentangan dengan upaya Reduce (mengurangi) dan Reuse (Menggunakan Ulang) kemasan plastik, kata peserta aksi lain yang menolak menyebutkan namanya.

Meski kehadirannya sudah ditentang banyak masyarakat karena dianggap mencemari lingkungan, produsen galon sekali pakai masih bersikukuh untuk tetap memproduksi kemasan air galon sekali pakai.

Bahkan mereka juga mengeluarkan varian baru dengan ukuran 5 liter, 10 liter selain ukuran 15 liter pada awal diluncurkan tahun lalu.

“Galon sekali pakai jelas akan membuat kecewa sebagian besar masyarakat. Kami di Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik bersama dengan dua anak muda telah membuat petisi di change.org untuk mengajak masyarakat menolak kehadiran galon sekali pakai ini.

Mahasiswa Universitas Budi Luhur menggelar aksi teatrikal untuk memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2021 di halaman kampus pada Sabtu (20/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News