Peringati HUT ke-74, BMKG Perluas Layanan Informasi

Peringati HUT ke-74, BMKG Perluas Layanan Informasi
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati. Foto: dok. BMKG

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingati ulang tahun ke-74 dengan memperluas peran layanan data dan informasi untuk berbagai sektor.

BMKG selama terus melakukan lompatan inovasi dan teknologi guna menyikapi cepatnya perubahan yang terjadi di dunia dan menghadapi persaingan global.

"Kami secara konsisten terus berkoordinasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam dan luar negeri guna memperluas perannya di bidang layanan cuaca, iklim dan gempa," kata Dwikorita Karnawati, Kepada BMKG dalam acara peringatan HUT ke-74 BMKG secara daring, Rabu (21/7).

Dwikorita menyebut data dan informasi yang dikeluarkan BMKG menjadi rujukan sedikitnya ada 12 sektor yang membutuhkan data dan informasi tersebut.

Sektor itu adalah transportasi, pembangunan infrastruktur, pertanian dan kehutanan, kelautan dan perikanan, tata ruang, kesehatan, pariwisata, pertahanan keamanan, sumber daya air, sumber daya energi dan pertambangan, industri, serta penanggulangan bencana.

Pada sektor transportasi informasi mengenai cuaca yang dikeluarkan BMKG menjadi rujukan bagi 391 bandara dan juga bagi 559 area maritim, antara lain pelabuhan dan lokasi penyeberangan di 227 titik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara itu untuk sektor pertanian dan perikanan, informasi mengenai cuaca dan iklim yang dikeluarkan BMKG dimanfaatkan untuk keperluan penyesuaian waktu tanam dan varietas tanaman.

Menurut Dwikorita, BMKG secara berkelanjutan terus menggelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) agar petani dan tenaga penyuluh pertanian bisa memanfaatkan informasi dan prakiraan cuaca dengan baik serta mampu beradaptasi dengan situasi cuaca dan iklim kekinian.

BMKG memperingati ulang tahun ke-74 dengan memperluas layanan data dan informasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News