Perintah Jokowi kepada Menteri Whisnutama

Perintah Jokowi kepada Menteri Whisnutama
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyadari sektor pariwisata termasuk unit bisnis paling merugi di tengah pandemi virus Corona ini. Karenanya, Jokowi memerintahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama membuat stimulasi ekonomi.

"Kita tahu dampak yang paling berat dirasakan dan pertama dirasakan karena Covid ini adalah dunia pariwisata baik yang terkena itu hotel, restoran dan juga yang menyangkut rakyat, yaitu barang-barang kerajinan yang dijajakan di sana. Oleh sebab itu, langkah-langkah mitigasi perlu secepat-cepatnya dilakukan," kata Jokowi membuka rapat terbatas tentang Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui telekonferensi, Kamis (16/4).

Jokowi menerangkan, program yang diutamakan mengenai perlindungan sosial bagi pekerja di sektor pariwisata. Jokowi ingin program itu tepat sasaran.

"Kemudian yang kedua juga realokasi anggaran yang ada. Dari Kemenpar harus diarahkan ke arah semacam, saya belum tahu barangnya apa, tetapi semacam program padat karya bagi pekerja-pekerja yang bergerak di bidang pariwisata ini," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi ingin jajarannya menyiapkan program stimulus ekonomi untuk pengusaha di sektor pariwisata. "Ini harus betul-betul dilakukan agar mereka bisa bertahan dan tidak melakukan PHK secara besar-besaran," ujar Jokowi. (tan/jpnn)

Presiden Joko Widodo menyadari sektor pariwisata termasuk unit bisnis paling merugi di tengah pandemi virus Corona ini.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News