Perjalanan Karier Politik Ganjar Pranowo, Calon Presiden Indonesia

Perjalanan Karier Politik Ganjar Pranowo, Calon Presiden Indonesia
Capres Ganjar Pranowo Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden (capres) Ganjar Pranowo maju di Pilpres 2024. Dia berpasangan dengan Mahfud MD sebagai calon wakil presiden (cawapres).

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini kelahiran Karang Anyar, Jawa Tengah, pada 28 Oktober 1968. 

Dia merupakan anak kelima dari enam bersaudara dari pasangan Parmuji Pramudi Wiryo dan Suparmi.

Ayah Ganjar adalah seorang polisi yang disiplin, sedangkan sang ibunda adalah ibu rumah tangga yang selalu menanamkan norma-norma kehidupan kepada anak-anaknya.

Ganjar mewarisi sikap disiplin ayahnya dan kebajikan yang diajarkan sang ibu. Mereka menjalani kehidupan dalam lingkungan sederhana.

Sejak kecil, Ganjar Pranowo telah menunjukkan bakat kepemimpinannya. Ketika masih di SD, dia secara konsisten terpilih menjadi ketua kelas.

Kemudian, saat hendak masuk SMP, keluarganya pindah ke Kutoarjo mengikuti tempat tugas ayahnya. Ganjar melanjutkan pendidikannya di SMA Bopkri 1 Yogyakarta. Di SMA ini dia dia aktif dalam kegiatan pramuka dan Dewan Ambalan.

Pada saat akan lulus dari SMA pada 1980, ayahnya pensiun dari Polri. Untuk mencukupi kebutuhan ekonomi keluarganya, ibunya membuka sebuah warung kelontong. Ganjar pun pernah mencoba berjualan bensin di pinggir jalan.

Mengintip perjalanan karier politik Ganjar Pranowo, calon presiden Indonesia. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News