Perjuangkan Outer Ring Road Siantar Didanai APBN

Perjuangkan Outer Ring Road Siantar Didanai APBN
Perjuangkan Outer Ring Road Siantar Didanai APBN

jpnn.com - JAKARTA - Ada peluang pembangunan jalan lingkar (Outer Ring Road) Kota Pematang  yang sempat terbengkalai semenjak 2010, dilanjutkan lagi dengan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Hanya saja, dalam pembahasan RAPBN 2016 yang saat ini berlangsung, anggaran pembangunan outer ring road Siantar itu belum masuk dalam daftar usulan. Artinya, untuk tahun depan dipastikan belum ada kucuran APBN untuk pembangunan jalan dimaksud.

Anggota Komisi V DPR Anton Sihombing menjelaskan, dirinya akan mengusulkan anggaran pembangunan outer ring road Siantar masuk RAPBN 2017, yang pembahasannya dilakukan 2016.

"Untuk pembahasan RAPBN 2016, belum masuk. Kita ajukan outer ring road Siantar itu untuk 2017," terang Anton, yang duduk di komisi bidang infrastruktur itu, kepada JPNN kemarin (16/9).

Namun, lanjut Anton, ada kemungkinan di RAPBN 2016 ini akan terakomodir adanya dana alokasi khusus (DAK) infrastuktur Rp 100 miliar per kabupaten/kota.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Pematangsiantar Reinward Simanjuntak pernah mengatakan sudah mendengar mengenai kabar adanya kucuran Rp 100 miliar untuk kabupaten/kota pada 2016 itu.

Dia mengatakan rencana kelanjutan pembangunan outer ring road sepanjang 17 KM itu diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp 200 miliar. Nah, bantuan DAK dari pisat Rp 100 miliar itu, lanjut Reinward, sekitar 70 persennya bisa digunakan untuk proyek outer ring road tersebut.

Diberitakan, untuk proyek tersebut Pemko Siantar sudah mengeluarkan dana sekitar Rp9,4 milar dari APBD. Pada 2006 sepanjang 4,5 Km menyedor dana Rp1,05 miliar, pada 2007 Rp3,94 miliar, dan 2008 sebesar Rp4,425 miliar. (sam/jpnn)


JAKARTA - Ada peluang pembangunan jalan lingkar (Outer Ring Road) Kota Pematang  yang sempat terbengkalai semenjak 2010, dilanjutkan lagi dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News