Perkiraan Cuaca Selama Idulfitri, BMKG Mengingatkan Begini

Perkiraan Cuaca Selama Idulfitri, BMKG Mengingatkan Begini
Ilustrasi - BMKG mengeluarkan perkiraan cuaca selama Idulfitri untuk Bengkulu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, BENGKULU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Fatmawati Bengkulu merilis perkiraan cuaca terbaru.

BMKG memperkirakan bakal terjadi hujan dengan intensitas sedang pada malam takbiran dan pada Idulfitri 1443 Hijriah di Bengkulu.

Menurut prakirawan BMKG Stasiun Fatmawati Bengkulu Rahyu Meylansari, terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama tiga hari ke depan di beberapa wilayah di Bengkulu.

"Kami memprediksi pada malam ini hingga tiga hari ke depan terjadi hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang," ujar Rahyu di Bengkulu, Minggu (1/5).

Untuk wilayah yang diprediksi terjadi hujan disertai petir dan angin kencang yaitu Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Lebong.

Selain itu, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Kaur, dan Pulau Enggano.

Dia mengatakan curah hujan tersebut terjadi karena adanya tekanan rendah di Samudera Hindia barat Bengkulu yang membentuk daerah pertemuan.

Selain itu, belokan angin di Samudera Hindia barat dan kelembapan udara yang basah dari lapisan bawah hingga atas.

Dia mengatakan labilitas udara yang cukup kuat di atas atmosfer Bengkulu menyebabkan adanya potensi pembentukan awan hujan di seluruh wilayah Bengkulu.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada terjadinya potensi bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan lainnya.(Antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

BMKG merilis perkiraan cuaca pada perayaan Idulfitri selama tiga hari di Bengkulu, begini.


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News