Perkiraan Jadwal Tahapan Rekrutmen CPNS 2018

Perkiraan Jadwal Tahapan Rekrutmen CPNS 2018
Peserta Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) masih menggodok tahapan rekrutmen CPNS 2018.

Menteri PAN-RB Asman Abnur memerkirakan, formasi CPNS ditetapkan Mei nanti. Sedangkan pelaksanaan seleksi, usai pemilihan kepala daerah (pilkada) Juni mendatang.

“Insya Allah kita putuskan bulan Mei (formasi), nanti pelaksanaan tesnya setelah pilkada,” ungkap Asman Abnur di Istora Senayan Jakarta.

Untuk hasil seleksi, kata menteri yang juga politikus PAN ini, bisa diumumkan menjelang akhir tahun. Kemudian agenda akan dilanjutkan pembekalan kepada CPNS terpilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Nah, baru pengangkatannya seperti tahun lalu (2017), akhir tahun sudah diumumkan hasilnya kemudian dilakukan lagi seperti ini (pembekalan CPNS),” tegas Asman.

Sayangnya, menurut Asman, hingga saat ini masih ada lembaga atau kementerian yang belum mengajukan formasi CPNS. Hal ini tentu penyebab sampai detik ini belum ada kepastian kuota CPNS 2018.

Meski demikian, Asman menargetkan akhir April ini, seluruh kementerian dan lembaga telah menyetorkan pengajuan formasi CPNS. Hal ini juga dimaksudkan agar tidak terjadi usulan-usulan tambahan ke depannya.

“Belum ada (total kuota CPNS), analisis terakhirnya belum kami buat. Masih ada (yang belum mengajukan usulan formasi). Tapi target kita akhir bulan ini, semua sudah menyampaikan usulan. Jadi tidak ada lagi usulan-usulan tambahan,” terang MenPAN-RB. (gra/tim MP)

Menpan-RB Asman Abnur menyampaikan perkiraan tahapan rekrutmen CPNS 2018 yang akan diawali dengan penetapan formasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News