Perkuat Ketahanan Pangan, Bakrie Group Panen Perdana Padi Gogo 84 Hektar

Perkuat Ketahanan Pangan, Bakrie Group Panen Perdana Padi Gogo 84 Hektar
Bakrie Group melakukan panen perdana 84 hektar padi gogo yang dikelola dengan manajemen modern oleh PT. Huma Indah Mekar di bawah naungan PT. Bakrie Sumatera Plantation Tbk. Ilustrasi: ANTARA/Dedi

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai salah satu karya di usia yang ke 80 tahun, Bakrie Group melakukan panen perdana 84 hektar padi gogo yang dikelola dengan manajemen modern oleh PT. Huma Indah Mekar di bawah naungan PT. Bakrie Sumatera Plantation Tbk.

Inisiatif ini merupakan gagasan Bakrie Sumatera Plantations Tbk, dalam menghadirkan inovasi perkebunan padi gogo pertama di Indonesia dengan cara mengkonversikan lahan kering seluas 84 hektar yang dikelola dengan menggunakan manajemen modern. 

Panen perdana ini diresmikan oleh Adhika Andrayudha Bakrie selaku Direktur PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk pada 12 Februari 2022 di kabupaten Tulang Bawang Barat, Lampung.

"Hal menarik dalam panen perdana ini adalah cara memanen padi yang tidak pada umumnya, panen perdana ini menggunakan mesin Combine Harvester," ungkap Adhika.

Menurut Badan Pertanahan Nasional (BPN), alih fungsi lahan pertanian meningkat setiap tahunnya dari 110.000 hektar pada tahun 2011 menjadi 150.000 hektar di tahun 2019 dan terus bertambah setiap tahunnya.

Konversi lahan untuk pembangunan infrastruktur ini tentunya berdampak kepada ketersediaan pasokan beras, mengingat saat ini kebutuhan 271 juta penduduk setiap bulan mencapai 2,5 juta ton beras, pada tahun 2045 diprediksi 319 juta penduduk membutuhkan 3 juta ton beras per bulan.

Oleh karena itu, menjawab tantangan yang akan terjadi, Bakrie Group berinovasi untuk memanfaatkan potensi lahan kering yang bisa dikonversi untuk digunakan menanam padi gogo.

Mengingat padi gogo dapat dibudidayakan di lahan kering tanpa bantuan irigasi dan sangat toleransi terhadap kekeringan dan tahan dari penyakit yang disebabkan oleh jamur.

Bakrie Group melakukan panen perdana 84 hektar padi gogo yang dikelola dengan manajemen modern oleh PT. Huma Indah Mekar di bawah naungan PT. Bakrie Sumatera Plantation Tbk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News