Perkuat SDM, Kemnaker Akan Bangun Smart Training Center Berkonsep Futuristik di Batang

Perkuat SDM, Kemnaker Akan Bangun Smart Training Center Berkonsep Futuristik di Batang
Kemnaker mengatakan Smart Training Center berkonsep futuristik itu akan dibangun di atas lahan seluas 7 hektrar di Batang. Foto: dok Kemnaker

jpnn.com, BATANG - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan membangun Smart Training Center di Batang, Jawa Tengah.

Hal itu dilakukan untuk mempercepat peningkatan kompetensi warga Batang dan mendukung penyiapan tenaga kerja lokal untuk Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) dan Batang Industrial Park (BIP).

Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie Cakrawangsa, di Batang, Selasa (13/2/2024).

Menurut Caswiyono, keberadaan KITB membuka pasar kerja yang luas bagi angkatan kerja lokal.
Namun, warga lokal masih membutuhkan standar kompetensi tinggi yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Oleh karena itu, agar warga Batang tidak jadi penonton, diperlukan fasilitas pelatihan yang memadai dan berkualitas serta relevan dengan kebutuhan industri.

Pihaknya pun telah menginisiasi pembangunan balai latihan kerja (BLK) berkonsep smart and green guna memfasilitasi kebutuhan tersebut.

"Smart training center ini adalah upaya untuk mempercepat dan memasifikasi pelatihan kerja bagi warga Batang dan sekitarnya," kata Caswi.

Caswi menjelaskan, training center berkonsep futuristik itu akan dibangun di atas lahan seluas 7 hektrar di Kecamatan Kandeman, Batang, tepat di samping exit tol Kandeman.

Kemnaker mengatakan Smart Training Center berkonsep futuristik itu akan dibangun di atas lahan seluas 7 hektrar di Batang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News