Perkuat Sekutu di Usia Dua Abad

Perkuat Sekutu di Usia Dua Abad
Hugo Chavez. Foto: Wikimedia.org.
CARACAS - Mungkin bukan Hugo Chavez namanya kalau tak bicara keras. Buktinya, yang terbaru, Presiden Venezuela itu kembali menunjukkan kepercayaan diri yang tinggi saat peringatan dua abad gerakan kemerdekaan negara tersebut. Pada momen itu, Chavez juga mengundang negara-negara sekutunya di Amerika Selatan.

"Ini saatnya kita mencapai kedaulatan dan kemerdekaan kita yang sejati di wilayah ini," sesumbar Chavez di depan parade militer-sipil di Caracas, 19 April lalu. Turut hadir di sana sejumlah kepala negara sekutu Chavez. Di antaranya adalah Raul Castro dari Kuba dan Evo Morales dari Bolivia. Dalam pidatonya, sembari berbaret merah, Chavez mengutuk kembali pemerintah AS yang dia sebut mencampuri urusan rakyat Amerika Latin.

Associated Press melansir, parade itu memang dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan negara tersebut. Jet-jet buatan Rusia tampak terbang melintasi langit. Sementara, pasukan khusus berbaris sembari meneriakkan semboyan "Kami anti imperialis-sosialis!"

Selain parade itu, Venezuela juga menggelar pertemuan Alianza Bolivariana para los Pueblos de Nuestra Amerika (ALBA), atau Aliansi Negara-negara Bolivarian untuk Rakyat Amerika Selatan. Itu adalah kelompok (blok) kiri yang berupaya menguatkan integrasi Amerika Latin dan menghadang pengaruh AS.

CARACAS - Mungkin bukan Hugo Chavez namanya kalau tak bicara keras. Buktinya, yang terbaru, Presiden Venezuela itu kembali menunjukkan kepercayaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News